MAKALAH TENTANG WEBSITE DAN INTERNET
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Tidak bias di pungkiri kita
tidak bias lepas di dunia internet. Intrnet sangat berperan dalam kehidupan
manusia abad ini. Dengan adanya internet manusia dapat terbantu, apalagi bagi
mereka yang mempunyai mobilitas tinggi.
Di internet kita dapat
melakukan berbagai hal, mulai dari mencari informsi ter up to date hingga
mengeluarkan ide.Salah satunya dengan menggunakan website.
Website atau situs juga
dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks,
data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari
semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu
rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan
jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi
website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik
website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah,
dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna
website.
Selain itu webside juga
memiliki manfaat yaitu, meningkatkan harga diri kita selangkah lebih maju dari
orang yang belum mempunyai website, menyebarkan ide anda pada orang
lain(seluruh dunia), menjual ide anda( jika orang tertarik dengan ide kita
maka, ide tersebut dapat menghasilkan uang), melayani kepuasan para fans, dan
mempunyai potensi teman lebih banyak.
B.
Tujuan
1. Memahami
pengertian Internet
2. Memahami
Pengertian Website
3. Manfaat
Website Sebagai Informasi
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Internet
Internet merupakan gabungan
dari kata Interconnection dan Networking.
Sehingga Internet dapat diartikan sebagai hubungan sejumlah komputer dengan
berbagai spesifikasi tertentu membentuk sistem jaringan seluruh dunia (jaringan
komputer global). Sedangkan yang mengatur integrasi dan komunikasi jaringan
komputer ini adalah protokol-protokol yang umum disebut TCP/IP.
TCP (Transmission Control
Protocol) yang memastikan bahwa semua hubungan kerja dengan benar sedangkan IP
(Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer
ini. TCP/IP secara umum antara lain berfungsi untuk memilih rute terbaik
transmisi data, memlih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat digunakan,
mengatur dan mengirimkan paket-paket pengirim data, dan lain-lain. Untuk dapat
mempergunakan Internet harus ada suatu ISP (Internet Service Provider) sebagai
Penyelenggara Jasa Internet. Dengan memanfaatkan Internet, pemakai komputer di
seluruh dunia dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dan memakai bersama
informasi.
Selain harus ada ISP
(Internet Service Provider) sebagai Penyelenggara Jasa Internet, untuk dapat
mengakses perlu menggunakan suatu program aplikasi yang ada di dalam komputer
seperti Windows, Linux, Mac, FreeBSD. Pada setiap sistem operasi tersebut
terdapat protokol TCP/IP yang memungkinkan terjalinnya komunikasi.
Protokol TCP/IP tidak hanya ada pada sistem
operasi saja. Pada kenyataanya, setiap perangkat keras yang terhubung dalam
jaringan pasti mendukung penggunaan TCP/IP.
B. Sejarah Internet
Internet merupakan jaringan
komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun1969,
melalui proyek ARPAyang disebutARPANET (Advanced Research Project Agency
Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana denganhardwaredan software komputer
yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak
terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan,
kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua
standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang
sekarang dikenal sebagai TCP/IP(Transmission Control Protocol/Internet
Protocol).
Tujuan awal dibangunnya
proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of
Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan
komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan
untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang
dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya
menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of
Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969,
dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulanOktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang
pesat di seluruh daerah, dan semua universitasdi negara tersebut
ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET
dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan
"ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti,
universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet,
yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
1.
SEJARAH INTERNET DUNIA
Sejarah Internet dimulai
pada tahun 60-an, yaitu ketika Levi C. Finch dan Robert W. Taylor mulai
melakukan penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabilitas.
Selanjutnya, beberapa program penelitian mulai dilakukan untuk melihat
mekanisme pengaitan jaringan-jaringan yang berbeda secara fisik. Salah satu
solusi yang muncul dari penelitian-penelitian tersebut adalah teknik packet
switching. Pada teknik packet switching, data atau file berukuran besar yang
akan dikirim melalui jaringan komputer terlebih dahulu dipotong menjadi paket
kecil-kecil agar lebih mudah ditangani dan lebih Andal. Peneliti utama dalam
pengembangan packet switching ini adalah Donald Davies (NPL), Paul Baran (RAND
Corporation), Leonard Kleinrock dan kawan-kawan (MIT) dan UCLA Research
Programs.
Pada
tahun 1969, Robert Taylor yang baru dipromosikan sebagai kepala kantor
pemrosesan informasi di DARPA (Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat)
bermaksud mengimplementaskan ide untuk membuat sistem jaringan yang saling
terhubung. Bersama Larry Robert dari MIT, Robert Taylor memulai proyek yang
kemudian dikenal sebagai ARPANET. Sambungan pertama ARPANET terbentuk antara
University of California, Los Angeles (UCLA) dan Stanford Research Institute
(SRI) pada jam 22:30 tanggal 29 Oktober 1969. Pada tanggal 5 Desember 1969, ada
dua jaringan lagi yang yang bergabung, yakni University of Utah dan University
of California, Santa Barbara sehingga total terdapat empat (4) simpul jaringan.
ARPANET yang berbasis pada teknologi ALOHAnet berkembang sangat cepat. Pada
tahun 1981, jumlah simpul yang tersambung menjadi 213.
Selain jaringan untuk penelitian seperti ARPANET dan X.25, para hobbiis komputer juga mengembangkan teknik jaringan sendiri yang kemudian cukup populer, yaitu UUCP. Masalah terbesar pada teknik ini adalah bagaimana supaya berbagai jenis peralatan jaringan, seperti telepon, radio, kabel LAN yang secara fisik sangat berbeda dapat berkomunikasi satu sama lain. Keberagaman media fisik jaringan mendorong pengembangan tatacara komunikasi (protokol komunikasi) yang mampu melakukan internetworking, sehingga banyak jaringan kecil dapat saling tersambung menjadi satu menjadi jaringan komputer maha besar.
Kumpulan tata cara komunikasi atau protokol Internet memungkinkan jaringan komputer dibangun menggunakan saluran fisik yang berbeda. Dalam bahasa yang sederhana, komputer yang terhubung menggunakan telepon, dapat berkomunikasi dengan komputer yang tersambung ke jaringan LAN maupun jaringan radio. Hal ini mendorong terjadinya inter-network (antar jaringan) secara global yang kemudian hari kita kenal sebagai “Internet”.
Selain protokol Internet,
hal lain yang tidak kalah penting dalam perkembangan Internet adalah metode
pengalamatan di Internet. Jon Postel dari Information Science Institute (ISI)
di University of Southern California (USC) adalah orang yang sangat berjasa di
balik berbagai alokasi alamat IP Internet, manajemen Domain Name System (DNS),
tipe media, dan berbagai alokasi nomor untuk tata cara komunikasi penting di
Internet. Hingga wafatnya pada tanggal 16 Oktober 1998, Jon Postel mengelola
Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Pada tanggal 21 Juli 1998, Jon
Postel memperoleh Silver Medal dari International Telecommunications Union (ITU)
atas jasa-jasanya membangun Internet di dunia. Saat ini, IANA dioperasikan oleh
Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).
Komersialisasi dan
privatisasi Internet mulai terjadi pada tahun 1980-an di Amerika Serikat dengan
di ijinkannya Internet Service Provider (ISP) untuk beroperasi. Internet mulai
booming pada tahun 1990-an. dan menjadi kunci pemicu perubahan dalam budaya dan
dunia usaha. Internet menawarkan pola komunikasi cepat menggunakan e-mail,
diskusi bebas di forum, dan Web.
2.
PERKEMBANGAN INTERNET
Internet telah membuat
revolusi baru dalam dunia komputer dan dunia komunikasi yang tidak pernah
diduga sebelumnya. Beberapa Penemuan telegram, telepon, radio, dan komputer
merupakan rangkaian kerja ilmiah yang menuntun menuju terciptanya Internet yang
lebih terintegrasi dan lebih berkemampuan dari pada alat-alat tersebut.
Internet memiliki kemampuan penyiaran ke seluruh dunia, memiliki mekanisme
diseminasi informasi, dan sebagai media untuk berkolaborasi dan berinteraksi
antara individu dengan komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.
Internet merupakan sebuah
contoh paling sukses dari usaha investasi yang tak pernah henti dan komitmen
untuk melakukan riset berikut pengembangan infrastruktur teknologi informasi.
Dimulai dengan penelitian packet switching (paket pensaklaran), pemerintah, industri
dan para civitas academica telah bekerjasama berupaya mengubah dan menciptakan
teknologi baru yang menarik ini.
Perkembangan Sejarah intenet dapat dibagi
dalam empat aspek yaitu :
1. Adanya
aspek evolusi teknologi yang dimulai dari riset packet switching (paket
pensaklaran) ARPANET (berikut teknologi perlengkapannya) yang pada saat itu
dilakukan riset lanjutan untuk mengembangkan wawasan terhadap infrastruktur
komunikasi data yang meliputi beberapa dimensi seperti
skala,performannce/kehandalan, dan kefungsian tingkat tinggi.
2. Adanya
aspek pelaksanaan dan pengelolaan sebuah infrastruktur yang global dan
kompleks.
3. Adanya
aspek sosial yang dihasilkan dalam sebuah komunitas masyarakat besar yang
terdiri dari para Internauts yang bekerjasama membuat dan mengembangkan terus
teknologi ini.
4. Adanya
aspek komersial yang dihasilkan dalam sebuah perubahan ekstrim namun efektif
dari sebuah penelitian yang mengakibatkan terbentuknya sebuah infrastruktur
informasi yang besar dan berguna. Internet sekarang sudah merupakan sebuah
infrastruktur informasi global (widespread information infrastructure), yang
awalnya disebut “the National (atau Global atau Galactic) Information
Infrastructure” di Amerika Serikat. Sejarahnya sangat kompleks dan mencakup
banyak aspek seperti teknologi, organisasi, dan komunitas. Dan pengaruhnya
tidak hanya terhadap bidang teknik komunikasi komputer saja tetapi juga
berpengaruh kepada masalah sosial seperti yang sekarang kita lakukan yaitu kita
banyak mempergunakan alat-alat bantu on line untuk mencapai sebuah bisnis
elektronik (electronic commerce), pemilikan informasi dan berinteraksi dengan
masyarakat.
C. Pengertian Website
Website adalah halaman informasi
yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia
selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan komponent atau
kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga lebih
merupakan media informasi yang menarik untuk dikunjungi. Secara garis besar,
website bisa digolongkan menjadi 3 bagian yaitu:
1.
Website Statis
2.
Website Dinamis
3.
Website Interaktif
Sebuah situs web (sering pula disingkat menjadi situs saja; web site, site)
adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya
merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain
di World Wide Web (WWW) di Internet. WWW terdiri dari seluruh
situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web diakses
dari sebuah URL yang menjadi “akar” (root), yang disebut homepage (halaman
induk sering diterjemahkan menjadi “beranda”, “halaman muka”), dan biasanya
disimpan dalam server yang sama. Tidak semua situs web dapat diakses dengan
gratis. Beberapa situs web memerlukan pembayaran agar dapat menjadi pelanggan,
misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan
surat elektronik (e-mail), dan lain-lain.
Secara terminologi, website adalah kumpulan dari
halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau
subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW)
di Internet. Sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper
Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu
protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk
ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari
website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat
besar.
Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang
biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi
sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut
mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana
arus informasi ini berjalan.
Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user
bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada
beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan
subkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut.
Pengertian Website
Secara terminologi, website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs,
yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya
berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah halaman web adalah
dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang
hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan
informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web
browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah
jaringan informasi yang sangat besar.
Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang
biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi
sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut
mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana
arus informasi ini berjalan.
Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user
bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada
beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan
subkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut.
D. Sejarah Website
Penemu website adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website
yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud
dari Tim ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan
memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada
tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) menginformasikan bahwa
WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang.
Sebuah
website bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan
kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website itu
menujukkan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah website
bisa berisi hyperlink (pranala) yang menghubungkan ke website lain, jadi,
kadangkala perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perseorangan
dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak kentara.
Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses
melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang
dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui
jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi,
laptop, PDA ataupun telepon selular.
Sebuah website dibuat di dalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan
server web, juga disebut HTTP Server, dan pengertian ini juga bisa menunjuk pada
software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu
mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari
pengguna. Apache adalah piranti lunak yang biasa digunakan dalam sebuah
webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft Internet Information Services
(IIS).
E. Jenis – jenis Website
Sebuah
Website statik, adalah salah satu bentuk website yang isi di dalam website
tersebut tidak dimaksudkan untuk di update secara berkala, dan biasanya di
maintain secara manual oleh beberapa orang yang menggunakan software
editor.Ada3 tipe kategori software editor yang biasa dipakai untuk tujuan
maintaining ini, mereka adalah :
1.
Elemen 1 Penyunting teks. Contohnya adalah
Notepad atau TextEdit, dimana HTML diubah di dalam program editor
tersebut.
2.
Elemen 2 WYSIWYG editor. Contohnya Microsoft
Frontpage dan Macromedia Dreamweaver, dimana situs di edit menggunakan GUI
(Graphical User Interface) dan format HTML ini secara otomatis di generate oleh
editor ini.
3.
Elemen 3 Editor yang sudah memiliki templat,
contohnya Rapidweaver dan iWeb, dimana, editor ini membolehkan user untuk
membuat dan mengupdate websitenya langsung ke server web secara cepat, tanpa
harus mengetahui apapun tentang HTML. Mereka dapat memilih templat yang sesuai
dengan keinginan mereka, menambah gambar atau obyek, mengisinya dengan tulisan,
dan dengan sekejap mereka sudah dapat membuat situs web tanpa harus melihat
sama sekali kode-kode HTML.
Sebuah
website dynamic adalah website yang secara berkala, informasi di dalamnya
berubah, atau website ini bisa berhubungan dengan user dengan berbagai macam
cara atau metode (HTTP cookies atau Variabel Database, sejarah kunjungan, variabel
sesi dan lain-lain) bisa juga dengan cara interaksi langsung menggunakan form
dan pergerakan mouse. Ketika web server menerima permintaan dari user untuk
memberikan halaman tertentu, maka halaman tersebut akan secara otomatis di
ambil dari media penyimpanan sebagai respon dari permintaan yang diminta oleh
user. Sebuah situs dapat menampilkan dialog yang sedang berlangsung di antara
dua user, memantau perubahan situasi, atau menyediakan informasi yang berkaitan
dengan sang user.
Ada
banyak jenis sistem software yang dapat dipakai untuk meng-generate Dynamic Web
System dan Situs Dynamic, beberapa di antaranya adalah ColdFusion (CFM), Active
Server Pages (ASP), Java Server Pages (JSP) dan PHP, bahasa program yang mampu
untuk meng-generate Dynamic Web System dan Situs Dinamis. Situs juga bisa
termasuk di dalamnya berisi informasi yang diambil dari satu atau lebih
database atau bisa juga menggunakan teknologi berbasis XML, contohnya adalah
RSS. Isi situs yang statis juga secara periodik di generate, atau, apabila ada keadaan
dimana dia butuh untuk dikembalikan kepada keadaan semula, maka dia akan di
generate, hal ini untuk menghindari kinerjanya supaya tetap terjaga.
Plugin
tersedia untuk menambah banyaknya feature dan kemampuan dari web browser,
dimana, plugin ini dipakai untuk membuka content yang biasanya berupa cuplikan
dari gambar bergerak (active content) contohnya adalah Flash, Shockwave atau
applets yang ditulis dalam bahasa JAVA. Dynamic HTML juga menyediakan untuk
user supaya dia bisa secara interaktif dan realtime, meng-update di web page
tersebut (catatan; halaman yang diubah, tak perlu di load atau di reloaded agar
perubahannya dapat dilihat), biasanya perubahan yang dilakukan mereka memakai
DOM dan Javascript yang sudah tersedia pada semua Web Browser sekarang ini.
Seperti yang tertulis di atas, di luarsana ada beberapa perbedaan dalam
penulisan dari terminologi website. Walaupun ¨Website¨ sudah secara umum
dipakai, namun untuk Associated Press Stylebook, Reuters, Microsoft, Academia,
dan kamus-kamus yang ada, penulisan yang mereka pakai adalah dengan menggunakan
2 kata, yaitu Web site. Hal ini karena ¨Web¨ bukanlah terminilogi umum, namun
kependekan dari World Wide Web.
F.
Pentingnya
Internet dan Website bagi Pendidikan
Kemajuan
teknologi dan informasi merupakan salah satu perkembangan dari simulasi dan
teknologi di bidang pendidikan. Pada kenyataannya, perkembangan peradaban
dunialah yang memberikan banyak akses terjadinya perubahan pola kehidupan
masyarakat dalam berbagai bidang. Kondisi tersebut memicu perubahan dalam
sistem pembelajaran atau pendidikan. Yaitu berbagai upaya untuk melepaskan
dunia pendidikan dari metode pembelajaran yang cenderung memaksa peserta didik
untuk mengikuti pembelajaran yang semakin hari semakin tidak menarik dan
membosankan.
Oleh karena itu, dunia pendidikan dituntut untuk mengikuti
alur perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang saat ini semakin
berkembang pesat, karena pendidikan yang tetap berkutat pada kurikulum yang
kaku hanya akan menjadikan peserta didik terlambat mengikuti kemajuan teknologi
yang semakin tak terbendung saat ini.
Dengan pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan,
diharapkan mampu membuat atau menghasilkan metode pembelajaran yang lebih
canggih dan lebih proaktif, sehingga semakin membantu proses belajar mengajar
supaya menjadi lebih berkualitas.
Pesatnya kemajuan teknologi dalam kehidupan masyarakat,
telah menjadikan semua persoalan dapat ditangani secara mudah dan cepat,
melalui sistem yang berbasiskan teknologi. Saat ini pembelajaran yang berbasis
komputer sudah menjadi salah satu teknik tercanggih, bahkan dalam urusan di
dalam kehidupan manusia sekalipun. Tak terkecuali di dalam dunia
pendidikan.
Dalam dunia pendidikan, komputer dirancang dan
dimanfaatkan sebagai model pembelajaran berbasis teknologi menggunakan berbagai
macam software yang berisi muatan-muatan mata pelajaran dengan berbagai macam
istilah seperti: Computer Assisted Intsruction (CAI) atau “Pembelajaran dengan
Bantuan (Media) Komputer”, Computer Based Education (CBE), ICT, Computer Based
Training (CBT), Computer Based Instruction (CBI), Distance Learning, Distance
Education, Cybernetic Learning Environment (CLE), Desktop Video Conferencing,
Integrated Learning System (ILS), Learner-Cemterted Classroom (LCC), Teleconferencing,
WBT (Web-Based Training), dan lain-lain. Semua istilah tersebut merupakan
sistem pembelajaran yang mengandalkan pemanfaatan teknologi. Hal ini juga
mengingatkan beberapa kelebihan yang dimiliki komputer, antara lain:
1.
Dapat menyimpan
data dalam jumlah besar.
2.
Menghitung dengan
cepat dan tepat.
3.
Melakukan
pekerjaan berulang-ulang kali.
4.
Menampilkan bentuk
grafik, bagan, gambar yang dipandu dengan data numerik, atau dengan proses
logika, dan sebagainya.
5.
Menampilkan
kembali data, informasi yang telah direkam sesuai dengan keinginan dan
kebutuhan pendidik.
Melihat
kondisi pembelajaran saat ini, jelas terlihat bahwa teknologi kumputer dapat
dirancang dan dimanfaatkan di dalam aktifitas pembelajaran. Pendekatan pembelajaran
melalui teknologi komputer ini dapat berbentuk:
1.
Bentuk belajar
model, yaitu peserta didik belajar melalui latihan yang diulang-ulang sehingga
dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan tertentu.
2.
Bentuk belajar
simulasi, yaitu belajar peniruan kenyataan yang diabstraksikan dan dapat
dilihat melalui layar monitor, misalnya pada permainan olah raga dan
ketrampilan.
3.
Bentuk belajar
permainan, dimana peserta didik dilibatkan dalam bentuk permainan, misalnya
pelajaran olah raga permainan, sosio-drama, sosiologi.
4.
Bentuk
pembelajaran tutorial, yaitu pembelajaran dengan sistem modul, dalam hal ini
komputer akan menampilkan informasi-informasi yang perlu diketahui dan dipahami
serta direspon oleh peserta didik.
5.
Bentuk
pembelajaran jenis tes, yaitu peserta didik menyampaikan permasalahan yang
sudah dikuasai dan belum dikuasai, sehingga ada umpan balik dalam rangka
memperbaiki proses pembelajaran selanjutnya.
Dengan demikian, jelas terlihat bahwa teknologi komputer
dalam proses pembelajaran sangat berperan penting sebagai alat bantu atau bias
disebut simulasi bagi para guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada
peserta didik.
G. Manfaat
Internet sebagai media pendidikan
Internet
merupakan sumber belajar alternatif yang cukup efektif dan efisien. Selama ini
yang umum dikenal sebagai sumber belajar adalah buku dan guru. Padahal, semakin
lama sumber belajar tradisional ini semakin terbatas, baik jumlah maupun
distribusi. Salah satu cara penanggulanganya yaitu dengan penggunaan internet
sebagai sumber informasi.
Dalam
hal ini internet bisa menjadi sarana yang sifatnya lebih untuk melengkapi.
Bukan menggantikan peran guru secara keseluruhan. Pemanfaatan sumber belajar
menggunakan alat bantu berbasis teknologi dengan media elektronik saat ini
sangat umum digunakan di kalangan pendidikan. Misalnya, penyebaran ilmu
pengetahuan melalui pemutaran sebuah program pelajaran atau film edukasi dari
sebuah kaset video, juga penggunaan media audio seperti kaset. Hingga
penggunaan media proyeksi dengan alat bantu komputer. Semua media ini fungsinya
hampir sama dengan buku, yaitu program yang dijalankan untuk menambah
pengetahuan. Namun bedanya visualisasi pada buku sangat kurang dan tidak
semenarik jika dibandingkan dengan visualisasi yang ditampilkan media
elektronik. Media komputer berbasis internet menjadi sumber belajar acuan yang
cukup digemari sekarang ini. Selain berfungsi sebagai sumber informasi, melalui
situs-situs yang menyediakan beragam materi, internet juga bisa digunakan
sebagai media diskusi ilmiah online. Dengan internet, diskusi yang dilaksanakan
dapat berlangsung kapan saja, dimana saja, dan oleh siapa saja.
Berikut
adalah beberapa manfaat penggunaan internet:
1.
Kemudahan dalam mencari informasi sebagai
bahan belajar siswa
2.
Kemudahan mendapatkan sumber yang lengkap
3.
Aktifitas belajar meningkat
4.
Adanya standarisasi pembelajaran
Jika
keterbatasan akan sumber belajar tradisional menjadi kendala pemerataan
kualitas pendidikan, sumber referensi pengetahuan lain harus dicari. Untuk itu,
Internet bisa menjadi sumber alternatif belajar siswa. Kendala jarak, waktu,
dan lokasi telah dinihilkan dengan adanya internet. Selain itu keragaman jenis
informasi yang terdapat di dalamnya kadang melebihi pengetahuan seorang guru
atau buku.
H.
Manfaat
Website bagi Pelajar
Dewasa
ini penggunaan internet di masyarakat semakin luas dan berasal dari semua
kalangan. Jika dulu internet lebih banyak dimanfaatkan untuk kepentingan
bisnis, saat ini internet juga banyak digunakan untuk mengakses informasi
hiburan dan media sosial. Penggunanya pun semakin beragam, mulai dari kalangan
dewasa hingga remaja bahkan anak-anak. Tidak terkecuali pelajar, yang bisa
disebut sebagai golongan yang “melek teknologi”, karena memiliki usia yang
tergolong muda dan rasa ingin tahu yang besar. Dampaknya pun bisa beragam,
disamping manfaat negatif dari penggunaan internet, terdapat banyak juga manfaat internet bagi pelajar.
Pemuda
merupakan ujung tumbak sebuah bangsa, begitulah bunyi sebuah pepatah. Jika
pemuda saja sudah merupakan ujung tombak, apalagi dengan pemuda yang
terpelajar, tentu bisa lebih hebat dari sekedar pemuda biasa. Pelajar merupakan
cikal bakal pemimpin, golongan yang memiliki pengetahuan, dan yang lebih
penting, memiliki etika dan integritas diri sebagai seseorang yang terpelajar.
Dengan
arus teknologi dan informasi yang belakangan ini semakin terbuka, informasi
dapat dengan mudah diakses oleh siapapun, termasuk para pelajar. Melalui
internet, pelajar bisa mendapatkan berbagai manfaat dan pengetahuan yang belum
mereka ketahui sebalumnya. Tapi melalui internet pula, dampak negatif seperti
pornografi bisa diakses tanpa sepengetahuan orang tua. Beberapa manfaat
internet untuk pelajar diantaranya :
- Mempermudah dalam mencari
referensi pelajaran
Pelajar
zaman dahulu mungkin bisa sedikit iri jika melihat kemudahan pelajar saat ini
dalam mencari materi seperti silabus pelajaran ataupun materi untuk tugas
mereka. Jika zaman dahulu perpustakaan dan buku merupakan satu-satunya sumber
referensi dan pengetahuan untuk mencari bahan materi pelajaran, saat ini cukup
dengan mengakses internet baik melalui komputer maupun telefon genggam maka
informasi yang dicari pun bisa didapat dengan mudah.
- Memperluas
wawasan pelajar
Melimpahnya
informasi yang tersedia di internet menjadikan internet sebagai dunia dengan
sejuta informasi. Pelajar pun bisa memanfaatkan kondisi ini dengan membaca
beragam informasi yang belum pernah diketahui sebelumnya. Banyak hal baru yang
diunggah ke internet setiap harinya dan bebas diakses oleh siapapun. Pelajar
tinggal memilih saja mana bacaan yang paling tepat untuk dirinya, tentu juga
harus dilandasi dengan penggunaan internet sehat dan positif.
- Sebagai
sarana komunikasi
Melalui
media internet pelajar bisa bertukar informasi mengenai pelajaran mereka dengan
cepat dan tanpa mengenal jarak. Berbagi pengetahuan dengan pelajar asing pun
tidak menjadi masalah karena pelajar bisa menggunakan fasilitas pesan
elektronik (e-mail) maupun video chat yang memungkinkan percakapan jarak jauh
melalui video.
I.
Website
Sebagai Sumber Informasi
Website merupakan salah
satu kebutuhan penting bagi masyarakat Indonesia saat ini. Kebutuhan akan
informasi dan pengetahuan yang dapat diperoleh dari internet merupakan salah
satu kebutuhan sehari hari. Selain sebagai sarana media sosial, internet
memiliki fungsi yang penting untuk mendapatkan informasi-informasi yang
dibutuhkan dengan cara yang mudah.
Perkembangan internet di
Indonesia bisa dibilang sangat pesat. Masyarakat yang mulai melek internet,
kini menjadikan internet sebagai kebutuhan sehari-harinya. Bahkan kini ibu-ibu
rumah tangga memerlukan Internet Rumah dalam kesehariannya. Mulai dari mencari
informasi tentang kesehatan anak, resep masakan, berbelanja online, bahkan
sampai melakukan bisnis online.
Website sebagai sarana
informasi yang dapat digunakan untuk bahan belajar. Bagi para pelajar atau
seseorang yang sedang mendalami sesuatu pengetahuan dapat menggunakan internet
sebagai sumber informasi. Kehadiran internet juga membantu dalam kemajuan
teknologi yang ada. Dengan internet kita mendapatkan informasi tentang
teknologi yang sedang berkembang saat kini, bahkan kita dapat mempelajari dan
mengembangkan teknologi tersebut dengan informasi yang tersedia di internet.
Kini Website dapat disebut sebagai sumber ilmu selain buku.
Sumber Artikel Informasi yang beragam dapat kita temukan dengan mudah dari
internet. Berbagai pengetahuan dan informasi dapat kita gunakan sebagai sarana
belajar dari internet. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan dari kemudahan internet.
Kita harus dapat menggunakan dengan bijak dari penggunaan internet, karena
banyak juga hal-hal negatif yang dapat kita temukan dari internet.
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Website adalah sebagai
kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks,
gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu
baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan
yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan
halaman (hyperlink).
Manfaatnya yang diperoleh
ilmu akan terus berkembang apabila selalu di-share ke sesama orang yang
membutuhkan ,Meningkatkan harga diri , Mempunyai potensi teman lebih banyak.