Pengertian Inovasi dan Pembelajaran dalam arti Luas



Pengertian Inovasi dan Pembelajaran dalam arti luas - Saat mendengan kata “inovasi” Yang pertama muncul dalam fikiran adalah  sesuatu yang baru dan unik. Di dalam pembelajaran banyak teori yang mendukung inovasi, seperti teori behaviorisme, teori kognitivisme, dan lain-lain. Salah satunya tentang teori pembelajaran berbasis kemampuan otak. Menurut etimologi, inovasi berasal dari kata innovation yang bermakna pembaharuan, perubahan. Inovasi adakalanya diartikan sebagai penemuan, tetapi berbeda dengan penemuan dari kata diskoveri atau invensi.

Inovasi adalah suatu ide, produk, metode yang dirasakan sebagi sesuatu yang baru, baik berupa hasil diskoveri atau invensi yang digunakan untuk tujuan tertentu.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memberi batasan, inovasi sebagai pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru, penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya baik berupa gagasan, metode atau alat (KBBI, 1990 : 330).
Dari pengertian ini diketahui bahwa inovasi adalah suatu hal yang baru, unik dan bermanfaat bagi masyarakat. Inovasi erat kaitannya dengan pembelajaran yang melibatkan guru dan peserta didik.
Menurut Hera Lestari Mikarsa ( 2007 : 7.3 ), ada dua istilah yang berkaitan erat dengan pembelajaran, yaitu pendidikan dan pelatihan. Di dalam dunia pendidikan untuk membentuk kepribadian individu dan dilaksanakan di sekolah, sedangkan pelatihan untuk melatih keterampilan individu dilaksanakan di perindustrian.
Makna pendidikan dan pelatihan sebaiknya dipadukan dan diperoleh arti dari pembelajaran bukan terbatas pada ruang dan waktu, tetapi tergantung pada organisasi dan komponen yang berkaitan untuk mendidik siswa.
Pembelajaran juga merupakan proses komunikatif-intearktif antara sumber belajar, guru, dan siswa yaitu saling bertukar informasi. Gagne dan Briggs (1979:3) menyatakan pembelajaran adalah suatu system yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal.
Jadi pembelajaran proses dimana guru dan siswa saling berinteraksi untuk memperoleh pengetahuan.
Dari pengertian inovasi dan pembelajaran tersebut maka makna inovasi pembelajaran merupakan metode baru yang berbeda yang digunakan untuk membentuk kepribadian dan melatih keterampilan siswa agar dapat berkembang secara optimal. Contoh inovasi dalam pembelajaran telah diketahui bahwa dunia anak TK dan SD merupakan dunia bermain, tetapi guru seringkali melupakan hal ini.
Seharusnya setiap guru dalam setiap proses pembelajarannya menciptakan suasana yang menyenangkan, menggairahkan, dinamis, penuh semangat dan penuh tantangan. Seperti pembuatan yel-yel dan berdoa sebelum belajar. Inovasi dalam pembelajaran bertujuan untuk mendapatkan suasana baru dalam belajar dan mengoptimalkan kemampuan siswa.

Powered by Blogger.