Contoh Surat Permohonan yang Tepat dan Benar

Surat permohonan dalam kegiatan dan aktifitas harian diperlukan ketika kita berurusan dengan instansi pemerintah atau organisasi swasta dalam rangka permohonan sesuatu hal yang ada baiknya diungkapkan dengan mengirimkan surat yang ditulis dengan bahasa yang baik dan benar serta maksudnya tepat sasaran.

Adapun aplikasi surat permohonan ini biasanya dipakai contoh pada saat kita bermaksud meminta bantuan dana dari instansi pemerintah, permohonan mutasi kerja, atau permohonan menggunakan sebuah bangunan untuk tempat kegiatan. Pada dasarnya inti dari surat permohonan ini sama saja yaitu berisi kalimat permohonan yang ditulis dengan jelas dan sopan yang nantinya akan disesuaikan dengan subjek dan objek terkait maksud pengirimnya.

Berikut beberapa contoh surat permohonan singkat yang dapat menjadi sumber referensi yang tepat guna bagi pembaca sekalian.

Contoh Surat Permohonan Ijin Kegiatan


Bandung, 02 Februari 2015

Hal. : Permohonan Ijin Pertandingan Futsal

Kepada Yth. Ketua RW 008

Di Tempat

Dengan Hormat,
Dalam rangka merespon banyaknya peminat olahraga futsal di kalangan anak muda saat ini, Kami pengurus Ormas Pemuda RW 008 bermaksud akan mengadakan beberapa kegiatan pertandingan futsal antar klub untuk menjalin silaturahmi sekaligus menyalurkan hoby dan minat di bidang olahraga futsal. Pertandingan ini pembukaannya akan diadakan pada:

Hari    : Kamis
Tanggal : 06 Februari 2015
Waktu   : Pukul 08.00 WIB hingga selesai
Tempat  : Gedung Olahraga RW 008

Berhubungan dengan kegiatan ini, kami selaku panitia pelaksana bermaksud meminta ijin dan persetujuan untuk menggunakan gedung tersebut.

Demikian surat permohonan ini kami buat, atas perhatian dan ijin yang diberikan kami ucapkan banyak terimakasih.

Tertanda

Ketua Ormas Pemuda RW 008


Sumarji

******

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana


PANITIA PEMBANGUNAN MASJID Al AMRI
Jl. Penghibur No. 12, Pettarani, Kota Makassar
=================================================================
Sekretariat : Jl. Penghibur NO. 12, RT 008 Rw 007 Kec. Pettarani, Makassar

No : 03 / PP/ III/2015
Lampiran : 1 Lembar
Hal: Permohonan Bantuan Dana

Kepada Yth.,
Bapak/Ibu Camat Pettarani
Di
Makassar

Assalamu'alaikum. Warahmatullahi Wabarakatuh,
Semoga saja Bapak / Ibu Camat selalu sehat wal'afiat dengan lindungan Allah SWT dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Sehubungan dengan rencana rehab Masjid Al AMRI yang berada di Jl. Penghibur No. 12, Pettarani, Kota Makassar yang Insya Allah akan dimulai pada :

Hari    : Minggu
Tanggal : 08 Januari 2015
Tempat  : Masjid Al AMRI, Jl. Penghibur No. 12, Pettarani

Kami selaku Panitia Pembangunan Masjid Al AMRI mengharapkan Bapak / Ibu Camat dapat memberikan bantuan dana pembangunan demi kelancaran pelaksanaan rehabilitasi Masjid dengan harapan dapat menambah kekhusyukan dan kenyamanan beribadah.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, semoga Allah SWT selalu meridhoi niat kita semua. Amin. Dan Atas perhatian dan dikabulkannya permohonan ini kami mengucapkan banyak terimakasih.


Makassar, 06 Januari 2015

Panitia Rehab :
Harris Al Habsy                             Muhammad Reno
     Ketua                                            Sekretaris



Mengetahui

Ketua RT  008                               Ketua RW 007
    Suparman                                     Andi Ilham

******

Demikian 2 buah contoh surat permohonan yang bisa diberikan kali ini. Semoga contoh ini dapat membantu anda dalam menulis surat permohonan sendiri untuk melancarkan pelaksanaan sebuah kegiatan.


Powered by Blogger.