Pengertian Budaya Demokrasi Menurut Para Ahli

Sebelumnya apa yang anda ketahui tentang Budaya Demokrasi ?
Budaya Demokrasi memiliki arti yaitu keadaan dimana negara yang sistem pemerintahannya dikuasai oleh rakyat itu sendiri tanpa ada sangku paut antara pemerintahan. Memang pemerintahan tersebut masih ada hanya saja kekuasaan di pegang oleh rakyat seutuhnya tanpa ada campur tangan lembaga sedikitpun.

Budaya demokrasi adalah kemampuan manusia berupa sikap dan kegiatan yang lebih mencerminkan kandungan kandungan demokrasi, jika di umpamakan seperti kebebasan budaya demokrasi, menghargai persamaan, kebebasan peraturan.


Beberapa Prinsip Budaya Demokrasi

Prinsip-prinsip budaya demokrasi yang saya di sini adalah prinsip-prinsip demokrasi yang telah diaplikasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga menjadi budaya demokrasi. Ada banyak ilmuwan yang memberikan pendapatnya tentang prinsip-prinsip budaya demokrasi.



Beberapa pendapat ilmuwan itu sebagai berikut

  1. Masykuri Abdillah berpendapat bahwa prinsip-prinsip demokrasi terdiri atas prinsip persamaan, kebebasan, dan pluralisme.
  2. Robert A. Dahl berpendapat bahwa terdapat tujuh prinsip yang harus ada dalam sistem demokrasi, yaitu kontrol atas keputusan presiden, pemilihan yang teliti dan jujur, hak memilih, hak dipilih, kebebasan menyatakan pendapat tanpa ancaman, kebebasan mengakses informasi, dan kebebasan berserikat. 
  3. Miriam Budiardjo berpendapat bahwa prinsip-prinsip budaya demokrasi sebagai berikut
    • Perlindungan konstitusional, dalam arti bahwa konstitusi selain menjamin hak-hak individu, harus menentukan pula prosedur untuk memperoleh perlindungan atas hak-hak yang dijamin.
    • Badan kehakiman yang bebas dan tidak memihak.
    • Pemilihan umum yang bebas.
    • Kebebasan umum untuk menyatakan pendapat.
    • Kebebasan untuk berserikat/berorganisasi dan beroposisi.
    • Pendidikan kewarganegaraan. 
     
Powered by Blogger.