beberapa dampak Korupsi, kolusi & Nepotisme

Banyak sekali dampak yang disebabkan oleh korupsi, kolusi dan juga nepotisme. Mungkin tidak banyak orang tau apa saja kerugian serta dampak yang dihasilkan oleh dampak KKN tersebut. Lalu apa saja dampak yang di timbulkan oleh KKN tersebut ? simak selengkapnya di bawah ini.

DampakKorupsi, kolusi & Nepotisme

  1. Pemborosan sumber-asal, modal yang lari, gangguan terhadap penanaman kapital, terbuangnya keahlian, donasi yang lenyap.
  2. Ketidakstabilan, revolusi sosial, pengambilan alih kekuasaan sang militer, mengakibatkan ketimpangan sosial budaya.
  3. Pengurangan kemampuan aparatur pemerintah, pengurangan kapasitas administrasi, hilangnya kewibawaan administrasi.

Selanjutnya Mc Mullan (1961) menyatakan bahwa dampak korupsi adalah ketidak efisienan, ketidakadilan, masyarakat nir mempercayai pemerintah, memboroskan sumber-asal negara, tidak mendorong perusahaan buat berusahaterutama perusahaan asing, ketidakstabilan politik, restriksi dalam kebijaksanaan pemerintah dan tidak represif.
Berdasarkan pendapat para ahli pada atas, maka bisa disimpulkan akibatakibat korupsi diatas merupakan menjadi berikut :

  1. Tata ekonomi misalnya larinya kapital keluar negeri, gangguan terhadap perusahaan, gangguan penanaman modal.
  2. Tata sosial budaya misalnya revolusi sosial, ketimpangan sosial.
  3. Tiga. Rapikan politik seperti pengambil alihan kekuasaan, hilangnya bantuan luar negeri, hilangnya kewibawaan pemerintah, ketidakstabilan politik.
  4. Tata administrasi misalnya nir efisien, kurangnya kemampuan administrasi,hilangnya keahlian, hilangnya asal-sumber negara, keterbatasan kebijaksanaan pemerintah, pengambilan tindakan-tindakan represif.
Itu hanyalah beberapa dampak saja, masih banyak sekali dampak yang dihasilkan oleh KKN tersebut. Jika anda ingin mengetahui lebih dalam silahkan simak di halaman berikut : Dampak korupsi, kolusi dan nepotisme
Powered by Blogger.