Kumpulan contoh tugas makalah dan pembahasan lainnya

Friday 11 March 2016

Pengertian Teks, Struktur dan Jenis-jenis Teks

Ini  adalah pembahasan mengenai Pengertian Teks, Struktur Teks danJenis-jenis Teks.

Teks adalah satuan lingual yg dimediakan secara tulis atau mulut menggunakan tata organisasi eksklusif buat menyampaikan makna secara kontekstual. Istilah teks & wacana dianggap sama & hanya dibedakan dalam hal bahwa tentang lebih bersifat abstrak & merupakan realisasi makna menurut teks. Jenis-jenis teks yg secara umum dikenal merupakan pelukisan, laporan, prosedur, penceritaan, eksplanasi, eksposisi, diskusi, surat, editorial, iklan, perundingan , anekdot, naratif, eksemplum, dan lain-lain. Jenis-jenis teks tadi mempunyai struktur teks yg tidak selaras dan memanfaatkan bentuk-bentuk bahasa yg tidak selaras (contohnya, jenis verba, konjungsi, partisipan, dan grup kata). Struktur teks & bentuk-bentuk bahasa itu menjadi karakteristik-ciri yg menandai teks-teks tersebut.

Struktur teks merupakan tata organisasi teks, yaitu cara teks disusun. Sebuah teks ditata sinkron menggunakan jenisnya. Misalnya, teks mekanisme memiliki sruktur teks tujuan yg akan dicapai^langkah-langkah; teks laporan mempunyai struktur teks pernyataan generik/pembagian terstruktur mengenai^anggota/aspek yg dilaporkan.

1. Teks Anekdot
Jenis teks yg berisi peristiwa-insiden lucu, konyol, atau menjengkelkan sebagai dampak menurut krisis yan ditanggapi dengan reaksi. Anekdot memiliki struktur teks :
(1) abstraksi
(dua) orientasi
(tiga) krisis
(4) reaksi
(lima) koda
dua. Teks pelukisan
Jenis teks yang mendeskripsikan keadaan (sifat, bentuk, ukuran, rona, dsb) sesuatu (manusia atau benda) secara individual dan unik. Teks ini mengutamakan hubungan antara holistik dan bagian-bagiannya. Struktur teks nya adalah

(1) pernyataan umum
(dua) uraian bagian-bagian.
Tiga. Teks Diskusi
Jenis teks yang berisi tinjauan terhadap sebuah informasi berdasarkan dua sudut pandang yg berbeda, yaitu sisi yang mendukung dan menentang info tadi. Teks diskusi seringkali dianggap teks argumentasi dua sisi. Struktur teks nya adalah :
• info
• Argumentasi
• Argumentasi yg menentang
• kesimpulan/rekomendasi

4. Teks Editorial
Jenis teks dalam koran atau majalah yg adalah ungkapan wawasan atau gagasan terhadap sesuatu yang mewakili koran atau majalah tadi. Editorial jua diklaim tajuk planning.

5. Teks Eksemplum
Jenis teks rekaan yg berisi peristiwa yang menurut partisipannya tidak perlu terjadi. Secara langsung, partisipan menginginkan insiden itu bisa diatasi, tetapi beliau tidak bisa berbuat apa-apa. Struktur teks nya adalah :
(1) tak berbentuk
(2) orientasi
(tiga) insiden
(4) interpretasi
(5) koda


6. Teks Eksplanasi
Jenis teks yg mengungkapkan interaksi logis menurut beberapa peristiwa. Dalam teks eksplanasi, sebuah insiden timbul karena terdapat peristiwa lain sebelumnya & peristiwa tadi menyebabkan insiden yg lain lagi sesudahnya. Struktur teksnya merupakan :
(1) Pernyataan umum
(dua) Urutan alasan logis

7. Teks Eksposisi
Jenis teks yang berfungsi buat membicarakan gagasan atau megusulkan sesuatu berdasarkan argumentasi yg kuat. Teks ini tidak selaras dengan teks diskusi yang berisi 2 sisi argumentasi; teks eksposisi hanya berisi satu sisi argumentasi: sisi yg mendukung atau sisi yang menolak. Struktue teksnya merupakan :
(1) pernyataan pendapat (tesis)
(dua) argumentasi
(3) penegasan ulang pendapat

8. Teks naratif
Teks fitnah yang berisi komplikasi yang menyebabkan perkara yg memerlukan waktu buat melakukan evaluasi supaya dapat memecahkan kasus tadi. Teks naratif umumnya dijumpai dalam dongeng, hikayat, cerita pendek, atau novel. Struktur teksnya merupakan :
(1) abstrak
(2) orientasi
(3) komplikasi
(4) penilaian
(5) resolusi
(6) koda

9. Teks perundingan
Proses tawar-menawar dng jalan berunding guna mencapai konvensi bersama antara satu pihak (gerombolan atau organisasi) dan pihak (gerombolan atau organisasi) yg lain. Struktur teksnya adalah :
(1) pembukaan
(2) isi
(3) penutup
10. Penceritaan (recount)
Jenis teks yg berisi pengungkapan pengalaman atau peristiwa yang dilakukan dalam masa lampau. Struktur teksnya merupakan :
(1) orientasi
(dua) urutan peristiwa
(3) reorientasi
11. Teks Prosedural
Jenis teks yang berisi langkah-langkah yang wajib ditempuh buat mencapai tujuan yg diinginkan. Langkah-langkah itu umumnya nir dapat dibalik-pulang, teks tersebut dianggap protokol. Struktur teksnya merupakan :
(1) tujuan yang akan dicapai
(2) langkah-langkah


Demikian materi tentang teks yang bisa saya jabarkan kepada pembaca. Semoga pembahasan mengenai teks ini berguna bagi sobat.