Kumpulan contoh tugas makalah dan pembahasan lainnya

Saturday 16 April 2016

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik

Apa yang anda lakukan ketika hendak melamar pekerjaan ? tentu yang dibuat pertama kali adalah Surat Lamaran Kerja kan ? setelah itu anda mulai mempersiapkan perlengkapan seperti CV, Foto Copy Ijazah dan surat pendukung lainnya. Namun apakah anda tau contoh format surat lamaran keja yang baik itu seperti apa ?

Terkadang seseorang membuat surat untuk melamar kerja dengan kata - kata yang terlihat semraut dan tidak enak untuk di baca, dan ini adalah sebab utama anda tidak di terima kerja di perusahaan tersebut.


Contoh surat melamar kerja
Image By : Penulis.Web.Id


Memahami hal demikian, dalam kesempatan ini admin mencoba memberi petunjuk untuk anda cara membuat surat lamaran kerja yang baik. Dengan demikian anda mempunyai kesempatan bagus pula untuk di terima kerja di perusahaan yang dituju.


Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik

Contoh surat lamaran kerja ke 1

Banjar, 23 April 2016 
Lampiran : 8 LembarHal : Lamaran Pekerjaan 
Kepada :Yth. NAMA PERUSAHAANdi TEMPAT PERUSAHAAN

Dengan hormat,Bersama surat lamaran ini, saya bermaksud untuk mengajukan permohonan kerja di NAMA PERUSAHAAN pada posisi Staf (STAFF YANG DITUJU). Adapun kualifikasi saya adalah sebagai berikut : 
Nama                           :
Tempat, Tanggal Lahir
Umur                           
Pendidikan Terakhir     
No. Telepon                
Alamat                         

Saya telah memiliki beberapa pengalaman kerja sebagai staf produksi pada beberapa pabrik selama 2 tahun. Selain itu, saya juga memiliki kondisi kesehatan yang baik, dan tidak pernah terlibat dalam kasus hukum apapun.

Sebagai bahan pertimbangan, maka saya lampirkan beberapa berkas administrasi yang dapat mendukung proses seleksi, sebagai berikut : 
1. Curriculum Vitae (CV) – 1 lembar
2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) – 1 lembar
3. Fotokopi Ijazah Terakhir yang telah dilegalisir - 1 lembar
4. Fotokopi Transkrip Nilai yang telah dilegalisr - 1 lembar
5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang telah dilegalisir – 1 lembar
6. Fotokopi Surat Keterangan Dokter yang telah dilegalisir – 1 lembar
7. Fotokopi Surat Pengalaman Kerja di Pabrik Garment Boyolali – 1 lembar
8. Pas Photo 4x6 – 1 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, saya sangat berharap dapat diikutsertakan dalam tahapan proses seleksi berikutnya. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,


(NAMA)

Contoh surat lamaran kerja ke 2

Banjar, 23 April 2016 
Kepada
Yth. Manajer Personalia
(NAMA PERUSAHAAN)
di
Yogyakarta 

Hal : Permohonan Pekerjaan 

Dengan hormat, 
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                             :  
Alamat                           : 
Tempat/tanggal lahir    :  
Jenis kelamin               :  
Agama                          :  
Pendidikan terakhir     :

Dengan ini saya mengajukan permohonan kerja pada perusahaan yang bapak/ibu pimpin, selanjutnya besar harapan saya agarpermohonan ini bisa di kabulkan dan ditempatkan pada perusahaan yang bapak/ibu pimpin.sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan syarat -syarat sebagai berikut :
  1. Foto Copy Ijazah terakhir
  2. Daftar Riwayat Hidup 
  3. Foto Copy KTP
  4. Foto Copy SKCK 
  5. Foto ukuran 3 x 4 
  6. Foto Copy pengalaman kerja
Demikian surat permohonan kerja ini saya buat, besar harapan saya agar saya diterima pada perusahaan Bapak/Ibu pimpin. atas perhatianya saya ucapkan beribu -ribu terima kasih.


Hormat Saya,


(NAMA) 

Di atas adalah 2 contoh surat lamaran kerja, sebenarnya format penulisan untuk menulis surat tersebut itu hanya cukup mencakup sebagai berikut :


  • Tempat dan juga tanggal yang baik dan juga jelas
  • Nama perusahaan yang dilamar pekerjaan
  • Pembuka
  • Kata pengantar
  • Biodata diri di tulis lengkap
  • Tulis informasi diri anda yang menjadinilai plus seperti keahlian, ipk, kecerdasan dll.
  • Harapan ingin di terima bekerja
  • kata penutup
  • Hormat diri anda
  • nama terang dan tanda tangan

Komposisi penulisan surat untuk melamar kerja itu hanya cukup seperti di atas saja, hanya pakailah kata - kata yang sopan agar anda terlihat baik di mata HRD atau penerima kerja.

Baca Juga : 
Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris
Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS
Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank