Macam - macam Alat Musik Tradisional Indonesia dan kegunaanya

Alat Musik Tradisional Indonesia - Indonesia adalah negara kesatuan yang memiliki berbagai macam alat musik daerah, ratusan bahkan ribuan alat musik khas indonesia tersebar di berbagai daerah yang memiliki ciri khas dan kegunaannya masing - masing. Nah pada kesempatan yang baik ini admin ingin mencoba berbagi kepada kamu apa aja sih alat musik tradisional di Indonesia itu ? Mari simak lebih lanjut untuk lebih mengenal berbagai macam alat musik tradisional di seluruh indonesia ini.

Alat Musik Tradisional Indonesia dan Kegunaanya

Alat musik dari Papua - Tifa
Alat musik dari PAPUA - Tifa
Alat musik dari PAPUA - Tifa

Tifa yaitu nama alat musik tradisional dari Indonesia Timur khususnya Maluku dan Papua. Alat musik tradisional yang satu ini terbuat dari kayu yang dilubangi tengahnya serta salah satu ujungnya ditutup dengan menggunakan kulit binatang. Kulit binatang yang digunakan untuk membuat tifa biasanya adalah kulit rusa. Cara memainkan tifa hampir sama dengan kendang, yaitu dengan cara dipukul.

Tifa terdiri dari beberapa macam yaitu  Tifa Jekir, Tifa Dasar, Tifa Potong, Tifa Jekir Potong dan Tifa Bas.

Alat musik tifa dipergunakan untuk mengiringi tarian perang seperti Tari Gatsi dari suku Asmat



Alat Musik Maluku - Tifa
Alat Musik Maluku - Tifa


Alat musik yang memiliki nama cukup unik dan singkat ini adalah alat musik seperti gendang yang dibuat dari bahan kayu yang tengahnya dilubagi atau dikorek isinya sehingga berlubang. Kemudian salah satu ujungnya ditutup dengan kulit rusa yang sudah dikeringkan. Sehingga ketika dipukul akan menghasilkan suara.


Alat Musik dari Minahasa - Kolintang

Alat Musik dari Minahasa - Kolintang

Di Minahasa ini tersimpan suatu adat budaya musik yang cukup terkenal, dan alat musik yang dimaksud ini ialah Kolintang. Alat musik Kolintang ini adalah alat musik yang cara memainkannya persis dengan cara memainkan gamelan di daerah Jawa. Tetapi alat musik kolintang ini terbuat dari kayu yang disusun rapi secara sejajar. Alat musik kolintang adalah alat musik tradisional kebanggan masyarakat setempat. Kolintang merupakan alat musik khas dari Minahasa (Sulawesi Utara).  Dalam bahasa daerah, ajakan "Mari kita lakukan TONG TING TANG" adalah: " Mangemo kumolintang". Ajakan tersebut akhirnya berubah menjadi kata Kolintang.


Alat Musik NTT - Sasando

Alat Musik NTT - Sasando

Sasando merupakan alat musik tradisional khas pulau Rote, Nusa tenggara Timur. Di pulau Rote, istilah Sasando  sering disebut sasandu yang berarti alat yang bergetar atau berbunyi. Cara memainkan alat musik ini dengan dipetik.
Konon, Sasando  digunakan di kalangan masyarakat Rote sejak abad ke-7. Sekilas bentuk sasando mirip alat musik petik lainnya, seperti gitar, biola, dan kecapi. Namun, uniknya Sasando  memiliki bunyi merdu khas yang berbeda.
Sasando  terbuat dari daun lontar dan bambu. Sedangkan dawainya terbuat dari kawat halus seperti senar string.
Sasando  adalah alat musik tradisional yang perlu dirawat rutin, teman-teman. Setiap lima tahun sekali daun lontar harus diganti, karena daun ini mudah berjamur.

Sumber : http://www.tradisikita.my.id

Itulah beberapa alat musik tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, masih banyak sekali alat musik dari berbagai daerah hanya saja keterbatasan waktu untuk menulis membuat admin hanya bisa menulis beberapa saja.
Powered by Blogger.