Nama Planet Beserta Urutannya di Tata Surya

9 Nama planet beserta urutannya pada Tata Surya - Planet adalah sebuah benda langit yang mengelilingi lintasan tertentu dan memiliki garis tengah lebih besar. Ada 9 Planet di tata surya di antaranya Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter. Sturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto. Namun saat ini planet pluto dikatakan bukan planet karena ukurannya sangat kecil sehingga di kategorikan bukan planet.

Nama - Nama Planet Beserta Penjelasannya


1. Merkurius


Merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan matahari. Planet kedua yang terkecil.


2. Venus


Venus adalah planet yang terletak antara merkurius dan bumi. Venus merupakan planet putih yang bercahaya terang.

3. Bumi


Bumi adalah planet satu-satunya yang memiliki kehidupan karena bumi memiliki susunan gas yang terdiri dari nitrogen 78 persen, oksigen 21 persen dan sisanya dari gas-gas lain. Kala revolusi bumi adalah 365,25 hari dan kala rotasinya 24 jam.

4. Mars


Mars disebut juga dengan planet merah karena jika dilihat dengan mata atau teropong berwarna merah. Pada permukaan mars terdapat kawah-kawah dengan diameter yang mencapai 200 km. 

5. Yupiter

Menurut orang Romawi kuno, yupiter adalah raja langit. Nama tersebut cocok karena yupiter adalah planet yang terbesar. Diameter planrt ini adalah 142.984 km. Jarak Yupiter ke matahari adalah 778 juta km.

6. Saturnus

Saturnus merupakan planet terbesar kedua setelah yupiter. Planet ini termasuk planet yang indah untuk dipandang. Keindahannya dikarenakan adanya cincin yang melingkarinya terdiri dari bongkahan es dan kerikil yang dilapisi es.

7. Uranus

Planet ini ditemukan oleh Wilhelm Herschell pada tahun 1781 di Inggris. Kala revolusi 84 tahun dan kala rotasi 17 jam.

8. Neptunus

Planet ini lebih besar dari bumi. Neptunus sering disebut dengan nama Kembaran Uranus dan sering disebut pila dengan nama Pemnuat Ulah karena sering beredar dengan meninggalkan garis edarnya

9. Pluto

Pluto merupakan planet terkecil dalam tata surya. Planet ini ditemukan oleh Clyde W. Yombough, seorang astronom Amerika Serikat pada tahun 1930.

Demikian ulasan materi mengenai Nama Planet Beserta Urutannya di Tata Surya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembacanya.
Powered by Blogger.