Penjelasan Proses Terjadinya Perkecambahan

Proses Perkecambahan - Pada kesempatan ini admin akan memberikan penjelasan singkat mengenai Proses Terjadinya Perkecambahan.

Perkecambahan, Proses Terjadinya Tumbuh kecambah
Kecambah Tumbuh. Image by Kompasiana.com

Seperti yang sudah kalian ketahui, semua tumbuhan yang tumbuh di awali dengan proses perkecambahan. Dalam kata lain perkecambahan adalah sebuah tahap awal perkembangan suatu tumbuhan, terutama tumbuhan berbiji.


Setelah itu kecambah tumbuh menjadi tanaman kecil hingga memiliki batang, daun, serta akar yang menancap dalam tanah.


Perkecambahan pada tumbuhan hanya terjadi apabila biji berada dalam lingkungan yang sesuai. Tersedianya air dalam jumlah yang cukup, suhu yang optimum untuk kerja enzim, udara yang cukup, cahaya, dan kelembapan merupakan beberapa syarat penting terjadinya perkecambahan.


Proses Terjadinya Perkecambahan


Perkecambahan dimulai dengan berakhirnya masa dormansi pada biji. Hal tersebut ditandai dengan proses yang dinamakan imbibisi. Imbibisi adalah masuknya air pada dalam biji yang mengakibatkan biji menjadi mengembang dan kulit biji perlahan akan mengelupas / pecah.


Proses Tahapan Perkecambahan

Proses perkecambahan berlangsung pada 6 tahapan, diantaranya :
1. Absorbsi air
2. Metabolisme pemecahan materi cadangan dari endosperm ke embrio yang aktif.
3. Transpor materi hasil pemecahan dari endosperm ke embrio yang aktif tumbuh.
4. Proses-proses pembentukan kembali materi-materi baru.
5. Respirasi
6. Pertumbuhan 

Demikian pemahaman serta penjelasan singkat materi biologi di atas. Semoga dengan membaca artikel Proses Perkecambahan di atas dapat menambah sedikit wawasan bagi pembaca.
Powered by Blogger.