Passing Bawah dan Passing Atas dalam Permainan Bola Voli

Passing Bawah dan Passing Atas dalam Permainan Bola Voli - Halo sobat seribu contoh kali ini kita akan membahas tentang olahraga bola voli yang bertemakan Passing bawah dan passing atas. Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu permainan bola voli. Bola Voli adalah suatu permainan yang dimainkan oleh dua regu. 

Tiap-tiap regu terdiri dari lima pemain. Bentuk permainan bola voli adalah memainkan bola dengan cara dipantulkan dengan 1 atau 2 tangan secara bersama-sama untuk mencegah bola jatuh di daerah sendiri. Berikut ini beberapa teknik dasar dari permainan bola voli.

Passing Bawah
Passing Bawah
Passing Atas
Passing Atas


Teknik Dasar Bola Voli


Service

Servcie adalah tehnik dasar pada bola voli yang dimana pemain berdiri di belakang garis belakang lapangan, melemparkan bola ke udara, kemudian memukul bola tersebut ke arah lapangan atau area lawan.


Tujuan dalam melakukan servis adalah semaksimal mungkin mengarahkan adan menjatuhkan bola pada area lawan yang kosong atau terlihat lemah, sehingga tidak dapat diterima oleh tim lawan. Atau, mengarahkan bola ke area lawan dengan keras dan kecepatan yang tinggi, sehingga tim lawan tidak mampu menahan atau mengendalikannya, dan diharapkan bola tersebut akan keluar lapangan setelah tersebtuh pemain lawan.

Ketika bola yang diservis tersebut mendarat ke area lawan secara langsung (tanpa menyentuh permainan lawan), maka servis tersebut biasa disebut dengan “ace”. Sebutan tersebut juga berlaku untuk servis yang keluar lapangan, setelah terlebih dahulu menyentuh salah seorang pemain dari tim lawan.

Passing

Passing juga biasa dikenal dengan sebutan reception, yaitu sebuah usaha tim dalam rangka menerima, menahan, dan mengendalikan servis atau segala bentuk penyerangan yang dilakukan oleh tim lawan. Pass yang baik, bukanlah pass yang hanya mampu mencegah bola agar tidak jatuh atau menyentuh area timnya, tetapi juga harus mampu mencapai posisi setter dengan arah yang tepat, serta gerakan da kecepatan yang stabil. Dengan demikian, sang setter dan attacter akan mampu menciptakan berbagai variasi serangan dengan mudah. Passing terdiri dari dua jenis, yaitu passing bawah dan passing atas.

1. Passing Bawah

Passing bawah adalah pengambilan bola dengan dengan tangan bergandengan satu sama lain dengan ayunan dari bawah atas depan. Yang perlu diperhatikan dalam passing bawah ini adalah saat tangan akan menyentuh bola, lengan tidak dalam keadaan lurus dan direnggangkan.

Cara melakukan passing bawah adalah:


  • Kaki dibuka dengan salah satu kaki maju.
  • Lutut agak ditekuk.
  • Berat badan condong ke depan.
  • Punggung tangan lurus ke depan, kedua tangan berpegangan.
  • Ayunkan kedua tangan ketika bola berada pada jarak yang tepat.


2. Passing Atas

Passing atas adalah passing yang dilakukan dengan teknik atas tanpa mengadakan gerakan terlebih dahulu. Adapun yang perlu diperhatikan dalam passing atas adalah penempatan bola sedemikian rupa sehingga bola pada posisi di depan atas muka pemain.

Cara melakukan passing atas adalah:


  • kedua tangan diletakkan diatas muka.
  • kedua ibu jari dan telunjuk membentuk segitiga.
  • siku atas dibengkokkan.
  • kedua kaki dibuka dengan lutut ditekuk.
  • pandangan ke atas(ke arah bola).
  • tangan diayunkan ketika bola berada pada jarak yang tepat.


Spike atau Smash

Attack atau yang lebih akrab dengan sebutan spike/smash, adalah sebuah tehnik pukulan atau serangan yang bertujuan agar bola dapat mendarat di area lawan, tanpa bisa di block (di tahan).
Menyerang atau spike dalam permainan bola voli merupakan pukulan ketiga dari sebuah tim. Pukulan pertama biasa dilakukan dengan pass, pukulan yang kedua dilakukan dengan tehnik set atau oleh setter, dan pukulan ketiga adalah spike.

Dalam tehnik spike ini, seorang spiker (penyerang) harus memperhatikan sebuah langkah dasar dalam melakukan spike, yaitu awalan (apprvoach), lompatan, ayunan pukulan pada bola di udara, dan posisi mendarat. Pemukulan bola pada saat melakukan spike dilakukan di udara, yang idealnya adalah ketika sang attacker berada pada puncak lompatan. Ketika akan melakukan kontak dengan bola, pemain mengangkat tangannya setinggi mungkin sampai di atas kepalanya. Ketika melakukan pukulan, spiker mengayunkan lengannya dan memukulkan telapak tangannya sekeras mungkin kea rah bola yang sedang melayang tersebut.

Blockir

Tehnik ini digunakan untuk menahan serangan yang dilakukan oleh tim lawan. Pertahanan dalam tehnik block dapat berupa menahan serangan lawan agar bola yang di spike oleh pemain dari tim lawan tidak mampu menyeberangi net dan tetap berada di area lawan.

Sebagai salah satu tehnik pertahanan yang sangat dibutuhkan dalam permainan bola voli, maka sebaiknya setiap pemain harus mampu menguasai tehnik ini dengan baik. Untuk melakukan tehnik block, pemain berdiri dengan menggunakan kedua kaki dalam posisi yang sejajar. Pada saat yang sama, kedua tangan diletakkan didepan dada, dengan posisi telapak tangan menghadap kearah net dan dengan jari-jari terbuka (dikembangkan) selebar mungkin.

Source : Astalog.com

Itulah pembahasan singkat mengenai passing bawah dan passing atas dalam bola voli, dari materi ini terdapat pula teknik dasar memainkan permainan bola voli untuk pemula. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda selaku pembacanya yang ingin serius belajar permainan bola voli.
Powered by Blogger.