Permasalahan Sosial Yang Ada di Asia Tenggara

Permasalahan Sosial Yang Ada di Asia Tenggara - Masalah sosial yaitu sebuah ketidak sesuaian unsur unsur dari kebudayaan atau masyarakat. Hal ini tentu sangat membahayakan bagi kehidupan kelompok sosial, itu jika terjadi bentrokan bentrokan antara beberapa unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan sosial semisal kehancuran kelompok sosial dan masyarakat.


Peta Asia Tenggara
Peta Asia Tenggara


Sebab Terjadinya Permasalahan Sosial di Asia Tenggara

Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat dan lain sebagainya.


5 Masalah Sosial serta Dampaknya

Kemiskinan
Suatu keadaan dimana seseorang tidak sanggup memelihara dirinya sendiri sesuai dengan taraf kehidupan kelompok dan juga tidak mampu memanfaatkan tenaga mental, maupun fisiknya dalam kelompok tersebut.

Dampaknya bagi masyarakat adalah kriminalitas meningkat, kelaparan, munculnya berbagai penyakit pada kelompok resiko tinggi seperti ibu hamil, ibu menyusui, bayi, balita, dan orang lanjut usia.


Peperangan
Merupakan satu bentuk pertentangan dan juga suatu lembaga kemasyarakatan. Peperangan merupakan bentuk pertentangan yang setiap kali diakhiri dengan suatu akomodasi.

Dampaknya adalah disorganisasi dalam berbagai aspek kemasyarakatan, baik bagi negara yang ke luar sebagai pemenang, apalagi bagi negara yang takluk sebagai si kalah. Apalagi peperangan biasanya perang total, yaitu dimana tidak hanya angkatan bersenjata yang bersangkut, tetapi seluruh lapisan masyarakat, berjatuhnya korban serta penderitaan fisik dan bathin.


Kenakalan Remaja
Keinginan untuk melawan (misalnya dalam bentuk radikalisme, delinkuensi,dsb), dan sikap apatis (misalnya penyesuaian yang membabi buta terhadap ukuran moral generasi tua).

Dampak dari kenakalan remaja ini adalah merugikan fisik dan mental bagi diri sendiri, membuat resah masyarakat, keberadaan masyarakat tdak dihargai.


Birokrasi
Merupakan organisasi yang bersifat hierarkis yang ditetapkan secara rasional untuk mengordinasikan pekerjaan orang-orang untuk kepentingan pelaksanaan tugas-tugas administratif.

Dalam karangan Max Weber, yang berjudul ‘Some Consequences of Bureaueratization’ dalam buku Sociological Theoty, mengemukakan kekhawatirannya akan akibat perkembangan birokarsi yang sangat pesat, karena didalam birokarsi, setiap petugas mendapat tempat tertentu yang tetap, ibarat sebuah roda bergigi dalam sebuah mesin. Apabila manusia tadi sadar akan kedudukannya, dia akan berusaha untuk menjadi roda untuk seluruh mesin. Gejala tersebut disebabkan manusia terlalu mendambakan suatu tata tertib sehingga apabila tata tertib tidak ada, dia akan kehilangan pegangannya.

Disorganisasi Keluarga
Yaitu suatu perpecahan dalam keluarga sebagai unit, oleh karena anggota-anggotanya keluarga tersebut gagal memenuhi kewajiban-kewajiban yang sesuai dengan peranan sosialnya.


Dampak dari disorganisasi keluarga adalah perceraian dan kenakalan remaja akibat

Masalah Sosial di Asia Tenggara
Keadaan alam suatu wilayah atau negara baik langsung maupun tidak langsung akan memengaruhi keadaan sosial masyarakatnya. Orang yang hidup di daerah yang tandus dan kurang sumber daya alam pada umumnya hidupnya miskin dan kekurangan. Sementara kemiskinan kadang dapat mendorong orang untuk berbuat kejahatan. Dengan demikian keadaan alam yang tandus dan miskin sumber daya alam secara tidak langsung mengakibatkan keadaan sosial yang berupa kemiskinan dan kejahatan. Negara-negara di kawasan Asia Tenggara pada umumnya pernah dijajaholeh bangsa Barat kecuali negara Thailand. Oleh karena itu, secara umum keadaan sosial penduduknya kondisinya hampir sama.

Beberapa persamaan keadaan sosial negara-negara di kawasan Asia Tenggara antara lain berikut ini:

  • Sebagian besar penduduknya bekerja di bidang pertanian.
  • Pada umumnya negara-negara di Asia Tenggara pernah dijajah negara lain.
  • Penduduknya sebagian besar termasuk rumpun Melayu.
  • Dilihat dari kondisi sosial ekonominya, rata-rata negara di kawasan Asia Tenggara termasuk kelompok negara berkembang. Sebagai negara berkembang, negara-negara di kawasan Asia Tenggara mempunyai berbagai masalah khususnya masalah-masalah yang berkaitan dengan penduduk atau sering disebut sebagai masalah-masalah sosial.


Berikut ini beberapa masalah sosial di negara-negara kawasan Asia Tenggara:

Kemiskinan

Kemiskinan adalah suatu keadaan di mana seseorang tidak sanggup atau tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok atau kebutuhan hidupnya secara umum. Seseorang dikatakan miskin apabila orang itu tidak mampu memenuhi kebutuhan akan makanan, pakaian, perumahan, kesehatan, dan pendidikan. Beberapa kelompok yangdapat dikategorikan sebagai orang miskin antara lain berikut ini:


  • Kelompok petani yang tidak memiliki tanah garapan atau hanya memiliki sedikit tanah sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Mereka umumnya hidup sebagai buruh tani atau penyewatanah pertanian dari pemilik tanah yang luas di daerahnya.
  • Kelompok buruh kasar yang tidak memiliki keahlian atau keterampilan karena tidak terlatih atau pendidikannya sangat rendah. Mereka hidupserba kekurangan karena upah yang diperoleh tidak sebanding dengan kebutuhan hidup yang semakin banyak. Termasuk dalam kelompok inia dalah tukang becak, pedagang kecil-kecilan, pembantu rumah tangga,bahkan termasuk gelandangan di kota-kota besar. Kemiskinan dianggap sebagai masalah sosial, apabila perbedaan ekonomidari warga masyarakat terlihat jelas. Dengan demikian pokok persoalan kemiskinan disebabkan seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan primernya sehingga timbullah masalah sosial seperti tuna karya, tuna susila, dan lain-lain.


Kejahatan (kriminalitas)
Kejahatan adalah suatu bentuk perilaku yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang yang dapat merugikan orang lain

Kebodohan

Kependudukan
Penduduk adalah orang atau sekelompok orang yang bertempat tinggal atau menempati suatu wilayah atau negara.

Lingkungan Hidup
Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang berada di sekitar kita atau segala hal yang berada di sekeliling makhluk hidup yang mempengaruhi kehidupannya.

Source : Astalog.com

Itulah beberapa permasalahan sosial di asia tenggara yang kini sedang terjadi. Semoga pembaca dapat mengerti dengan tulisan di atas serta dapat memberikan sedikit ilmu dalam pelajaran IPS.
Powered by Blogger.